UIII Library Institutional Repositories

Bakhtiar, Amsal (2013) Agama dalam pandangan futurolog. Kanz Philosophia A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism, 3. pp. 59-76.

[thumbnail of Secara historis, peradaban umat manusia senantiasa bergumul dengan  berbagai nilai, termasuk nilai sains dan agama. Oleh karena itu, setiap  ada penemuan baru dalam sains selalu menimbulkan gejolak tertentu  dalam masyarakat. Sebab, mereka belum memiliki] Text (Secara historis, peradaban umat manusia senantiasa bergumul dengan berbagai nilai, termasuk nilai sains dan agama. Oleh karena itu, setiap ada penemuan baru dalam sains selalu menimbulkan gejolak tertentu dalam masyarakat. Sebab, mereka belum memiliki)
49-Article Text-81-1-10-20210218.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB)

Abstract

Sebelum era modern, agama menjadi lebih dominan dalam kehidupan sehari-hari manusia karena institusi agama adalah otoritas tunggal untuk memutuskan, baik aspek agama atau yang ilmiah. Tetapi dalam era modern, terutama setelah beberapa penemuan ilmu pengetahuan modern dan teknologi, ilmuwan sekuler di Barat sangat bangga akan kemampuan intelektual mereka untuk menjelajahi alam. Mereka mengabaikan agama
dan bahkan menuduh agama sebagai candu dan ilusi. Bahkan, manusia tidak bisa bebas dari percaya pada keberadaan Supra Natural, meskipun komunitas ateis masih menghormati roh leluhur. Oleh karena itu, segala upaya untuk menyerang agama akan gagal karena agama tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan dasar manusia dan agama adalah satu-satunya doktrin kehidupan di akhirat. Naisbitt, seorang futurolog terkenal, juga menyatakan bahwa spiritual agama akan menjadi dominan dalam era baru.

Kata-kata kunci: Futurolog, ilmu, agama formal, fundamentalisme

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Unnamed user with email lib@uiii.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2021 08:28
Last Modified: 01 Nov 2021 02:43
URI: http://repositories.uiii.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item
View Item